Gadget

Pengertian Simple Tentang Gadget

Pengertian Simple Tentang Gadget – Kalian kan sering memakai Gadget, tapi kalian tau ga sih Gadget itu apa? Simplenya gini, Gadget itu tuh barang elektronik yang bisa dibawa.

Tapi kita disini akan membahas lebih dalam mengenai Gadget serta jenis, kekurangan dan kelebihannya, penasaran? Yuk simak dibawah ya!

ADVERTISEMENT

1. Pengertian Gadget

Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang” atau “gawai”. Salah satu hal yang membedakan Gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.

2. Gadget untuk Akses Internet

Salah satu fitur terkenal dan paling menarik dari gadget adalah internet. “Siswa dapat dengan mudah mencari informasi apa pun untuk tugas-tugas sekolah di internet,” ujar Kak Daniel Kusnadi, mahasiswa Teknik Informatika dan salah satu pembicara di diskusi tersebut. Dalam diskusi tersebut, praktisi TI, Bapak Bambang Juwono memberikan contoh situs yang berguna untuk menambah wawasan kita, di antaranya stumbleupon.com dan thinkquest.org. Selain memperkaya wawasan, dengan gadget yang menyediakan akses internet, kita bisa memperluas persahabatan melalui situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau multiply.

3. Kelebihan serta Kekurangan Gadget

Dilansir dari yoursay.id, kita pertama akan membahas kelebihannya setelah itu kekurangan Gadget sebagai berikut:

Kelebihan Gadget

  • Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Manfaat pertama yang bisa didapatkan saat menggunakan gawai adalah terbukanya akses informasi yang luas. Dengan ini, Anda tidak harus pergi ke perpustakaan untuk mencari informasi karena hampir semuanya dapat diakses dengan mudah melalui perangkat ini.

Ada banyak sekali referensi ilmu pengetahuan yang bisa Anda dapatkan melalui gadget, misalnya adalah buku, jurnal, hingga artikel yang tersedia di Internet.

  • Mempermudah Komunikasi

Gawai/Gadget merupakan salah satu penemuan yang paling berpengaruh di kehidupan modern saat ini. Hal ini dikarenakan gawai dapat memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dari jarak jauh.

Saat ini Anda tidak perlu lagi berkomunikasi jarak jauh dengan mengirimkan surat, yang mana harus menunggu berhari-hari untuk mendapatkan balasan. Hanya melalui perangkat elektronik ini, pesan Anda akan sampai dalam hitungan detik.

  • Sebagai media hiburan
Also Read:  Inilah Beberapa Virus Komputer Yang Berbahaya

Manfaat berikutnya dari gadget adalah sebagai media hiburan. Dengan perangkat elektronik ini, Anda bisa menghilangkan kejenuhan, kepenatan, hingga stres karena ada banyak hiburan yang tersedia di dalamnya.

Gawai menyediakan banyak sarana hiburan seperti game, musik, film, video dan lain-lain. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan mudah baik secara berbayar ataupun gratis.

  • Memperluas jaringan sosial

Berkat komunikasi yang semakin mudah, maka Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memperluas jaringan sosial. Anda bisa berteman dengan siapa saja walaupun terpaut jarak yang sangat jauh.

Contoh dari fenomena ini adalah kehadiran media sosial yang bisa diakses melalui gadget. Dengan media sosial ini, Anda dapat berkenalan dan berteman dengan masyarakat luas. Tidak hanya dari Indonesia, Anda juga mendapatkan jaringan pertemanan dari luar negeri.

  • Sebagai mesin pencari

Dengan perangkat elektronik ini Anda bisa menemukan informasi apapun. Tidak hanya informasi mengenai pengetahuan umum saja, Anda juga bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk kepentingan Anda pribadi.

Mesin pencari yang telah tersedia dalam gadget dapat membantu Anda menemukan informasi yang spesifik seperti halnya ramalan cuaca esok hari. Bahkan Anda juga bisa mencari informasi tentang lokasi tertentu yang akan Anda kunjungi.

  • Mempercepat pekerjaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa alasan banyak orang memanfaatkan gawai adalah karena bisa membantu pekerjaan mereka. Dengan gawai, pekerjaan manusia bisa menjadi lebih cepat dan efisien.

Peranan gawai dalam membantu pekerjaan manusia sudah sering dijumpai. Contohnya adalah ketika digunakan di tempat-tempat perbelanjaan. Perangkat ini bisa membantu seorang kasir untuk menghitung barang belanjaan secara cepat dan juga tepat.

Kekurangan Gadget

  • Ketergantungan

Dampak buruk pertama yang harus Anda waspadai adalah ketergantungan. Hal ini mungkin akan terjadi apabila Anda terlalu sering menggunakan gawai.

Apabila Anda mengalami ketergantungan, maka keseharian Anda akan terhambat karena tidak bisa melakukan banyak hal tanpa adanya gadget. Kondisi ini bisa menurunkan kemampuan otak Anda karena terlalu sering dimanjakan dengan fasilitas tersebut.

  • Masalah penglihatan
Also Read:  Tujuan Simple Asuransi & Perkembangan Konsep Asuransi

Selain mengganggu kesehatan mental, dampak buruk bagi kesehatan fisik juga bisa Anda alami. Masalah penglihatan adalah salah satu contoh kasus yang sering ditemui sebagai dampak dari penggunaan gawai.

Terlalu sering menggunakan perangkat elektronik bisa menyebabkan mata lelah, kemerahan, pandangan kabur, hingga sensasi terbakar pada mata. Bahkan hal ini juga bisa menurunkan daya penglihatan Anda.

  • Sakit kepala

Masalah kesehatan lain yang ditimbulkan oleh penggunaan gadget adalah sakit kepala. Hal ini bisa terjadi karena otak Anda terus menerus terbebani, terlebih saat memainkan game dan berganti-ganti aplikasi secara terus menerus.

Dalam kasus yang lebih parah, Anda bisa mengalami sakit kepala tak tertahankan, migrain, leher tegang, stres, hingga alami depresi.

  • Postur tubuh tidak ideal

Dampak buruk lain yang mungkin terjadi akibat penggunaan gawai secara berlebihan adalah postur tubuh yang menjadi tidak ideal. Ini bisa terjadi karena saat bermain gawai Anda akan duduk dalam posisi yang sama secara berjam-jam.

Umumnya ketika menggunakan gadget, Anda akan duduk dengan posisi membungkuk ke depan. Posisi ini lambat laun akan menyebabkan leher Anda semakin ke depan, bahu yang melengkung, hingga tulang belakang yang membungkuk ke depan.

  • Risiko kecelakaan

Bermain gawai bahkan bisa menimbulkan dampak yang sangat buruk berupa terjadinya kecelakaan. Sebab, perangkat ini akan menyita perhatian Anda dari lingkungan sekitar yang pada akhirnya menimbulkan risiko terjadinya kecelakaan.

Kecelakaan dalam hal ini bisa berupa kecelakaan ringan seperti tersandung, menabrak sesuatu, atau terjatuh. Namun, risiko yang paling tinggi umumnya ditemukan pada penggunaan gadget saat berkendara. Karena fokus yang teralihkan, maka kecelakaan lalu lintas sangat mungkin terjadi.

  • Membatasi kreativitas

Di samping menyediakan banyak informasi, gawai juga bisa berdampak buruk yaitu membatasi kreativitas. Karena adanya perangkat ini, banyak orang jadi mengandalkan informasi yang tersedia di dalamnya.

Hal seperti ini bisa kita lihat dalam praktik pendidikan saat ini. Meskipun memudahkan untuk belajar, faktanya banyak dari pelajar yang menjadi enggan untuk berpikir lebih keras, melainkan menggunakan bantuan gadget.

Terlebih lagi, saat ini ada banyak platform yang memudahkan para pelajar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan di sekolah. Apabila hal ini menjadi sebuah kebiasaan, maka efek buruknya adalah dapat membatasi kemampuan berpikir.

  • Berkurangnya interaksi secara langsung
Also Read:  10 Laptop Terbaik Di Tahun 2022: Bisa Jadi Referensimu!

Berkat adanya perangkat elektronik ini, komunikasi menjadi lebih mudah karena kita tidak harus bertemu ketika hendak berkomunikasi. Namun, hal ini juga bisa menjauhkan diri Anda dari interaksi secara langsung.

Tanpa disadari saat menggunakan gadget, fokus Anda akan teralihkan dari dunia sekitar termasuk masyarakatnya. Ini mengakibatkan munculnya kesulitan berinteraksi secara langsung karena adanya rasa canggung. Padahal interaksi sosial adalah hal yang penting dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat.

Jenis-jenis Gadget

Ada lumayan banyak orang yang memandang gadget terbatas pada smartphone. Walau sebenarnya smartphone itu sebagai salah satu jenis gawai. Supaya tidak salah, berikut ialah beberapa jenis gawai yang sering dipakai:

  • Handphone
    Handphone sebagai jenis gawai yang paling banyak dipakai oleh masyarakat sekarang ini. Perkembangan handphone juga alami perubahan tehnologi yang cepat sekali. Model handphone yang terkenal sekarang ini yakni smartphone dengan memanfaatkan beberapa operating sistem seperti iOS, Android, dan Windowsphone.
  • Laptop/Komputer
    Komputer dan laptop adalah tipe gawai lainnya, yang seringkali dipakai untuk beragam kepentingan, khususnya untuk pekerjaan. Gawai ini memerlukan operating system agar berjalan, seperti; Windows, Mac, Linux, dan yang lain.
  • Tablet dan iPad
    Jenis gawai ini adalah bentuk yang lebih besar dari smartphone. Dengan ukuran layar yang lebih besar dari smartphone, tablet dan iPad bisa tampilkan gambar yang lebih besar dan jelas sehingga pengguna semakin nyaman saat ingin menonton, bermain games, dan aktivitas yang lain.
  • Kamera Digital
    Kamera digital masih tetap terhitung dalam category gadget. Manfaat dari kamera digital untuk menangkap gambar suatu object, baik pada bentuk photo atau video.
  • Headset/Headphone
    Headshet atau headphone adalah gadget yang kerap dipakai untuk mendengar musik lebih jelas. Dengan kontribusi gadget ini, pemakai bisa menikmati suara musik atau video lebih jelas tak perlu mengganggu seseorang. (Sumber)

Demikianlah artikel kali ini tentang Pengertian Simple Tentang Gadget. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget!

Related Articles