Apps

Cara Mengaktifkan 5G di Android & iPhone

Jika Anda tidak yakin bagaimana memanfaatkan Jaringan 5G di ponsel cerdas Anda, baca terus. Untuk membantu Anda, kami telah membuat panduan definitif ini yang menjelaskan cara mengaktifkan 5G di perangkat Android dan iPhone. Jaringan seluler generasi ke-5 (5G) secara resmi hadir, dan dengan itu hadir kecepatan ultra-cepat dan latensi rendah untuk streaming, bermain game, dan bekerja secara fleksibel. 5G juga memberi pengguna Android dan iPhone kecepatan data puncak multi-Gbps yang lebih cepat, kapasitas jaringan yang luas, keandalan yang ditingkatkan, dan pengalaman pengguna yang lebih konsisten. Namun untuk mengalami itu semua, Anda harus mengaktifkan 5G terlebih dahulu di iPhone atau Android. Jadi, bacalah untuk mengaktifkan 5G di ponsel cerdas Anda dan nikmati kecepatan data yang sangat cepat.

Cara Mengaktifkan 5G di iPhone

Layanan seluler 5G kompatibel dengan iPhone 12, 13, dan 14. Untuk memberi pengguna keseimbangan antara kecepatan jaringan dan masa pakai baterai, Apple menggunakan pengaturan ‘5G Auto’ sebagai default. Namun, Anda juga dapat mengubah pengaturan secara manual untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda kapan saja. Berikut cara mengaktifkan atau menonaktifkan 5G di iPhone.

Untuk mengaktifkan 5G di iPhone, Anda harus memiliki iPhone 12 atau model yang lebih tinggi. 5G tidak kompatibel dengan iPhone 11 atau model di bawah. Anda harus memiliki semua hal berikut untuk menggunakan 5G di iPhone Anda.

  • model iPhone 12 atau lebih baru
  • Operator Jaringan yang mendukung 5G
  • Paket seluler 5G

Langkah 1: Buka Pengaturan aplikasi di iPhone Anda. Di Pengaturan, cari dan klik Seluler. Di beberapa perangkat iPhone, Anda akan menemukan Data Seluler, bukan Seluler.

Data Seluler

Langkah 2: Di layar berikutnya, temukan dan klik Opsi Data Seluler di bawah Data seluler. Di beberapa perangkat iPhone, seperti pada langkah pertama, Anda akan melihat Opsi Data Seluler alih-alih opsi Seluler.

Also Read:  3 Metode untuk Memeriksa Riwayat Youtube di Aplikasi [Watch]

Opsi Data Seluler

Langkah 3: Di Opsi Data Selulercari dan klik Suara & Data.

Suara & Data

Langkah 4: Di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih dari tiga opsi yang diberikan: 5G Aktif, 5G Otomatis, dan LTE. Sebelum memilih salah satu dari mereka, mari kita pahami dulu pendirian mereka.

  • 5G Aktif: Ketika Anda memilih 5G Aktif, itu akan menggunakan jaringan 5G kapan pun tersedia. Juga, ketahuilah itu 5G Aktif dapat mengurangi masa pakai baterai iPhone Anda.
  • 5G Otomatis: 5G Otomatis menggunakan jaringan 5G hanya jika tidak secara signifikan mengurangi masa pakai baterai iPhone Anda. Ini memungkinkan Data Pintar mode dan secara otomatis beralih ke LTE untuk menghemat masa pakai baterai.
  • LTE: LTE hanya menggunakan LTE jaringan bahkan ketika 5G tersedia.

Aktifkan 5G

Langkah 5: Kembali ke Opsi Data Seluler dan pilih Modus Data. Anda akan menemukannya di bawah Suara & Data pilihan. Anda akan kembali diberikan pilihan untuk memilih dari 3 pilihan. Izinkan Lebih Banyak Data di 5G memilih 5G melalui Wi-Fi. Standar memungkinkan Anda iPhone untuk memperbarui aplikasi secara otomatis tetapi membatasi kualitas FaceTime dan video. Di samping itu, Mode Data Rendah adalah untuk saat-saat ketika Anda ingin menyimpan.

Izinkan data

Cara Mengaktifkan 5G di Android

Seperti halnya iPhone, hanya ada smartphone terbatas yang kompatibel dengan 5G. Dengan beberapa produsen yang bekerja pada platform Android, Anda dapat menemukan lebih banyak perangkat yang kompatibel dengan jaringan 5G. Pastikan untuk memeriksa ini terlebih dahulu –

  • Perangkat Android yang kompatibel dengan 5G.
  • Operator Jaringan yang mendukung 5G
  • Paket seluler 5G

Untuk mengaktifkan 5G di Android, silakan ikuti langkah di bawah ini:

Also Read:  Cara Memperbaiki Widget Windows 11 Tidak Berfungsi

Langkah 1: Untuk mengaktifkan 5G, buka kunci perangkat Anda terlebih dahulu dan buka Pengaturan. Di Pengaturancari dan klik Kartu SIM & jaringan seluler.

jaringan seluler

Langkah 2: Di layar berikutnya, temukan dan klik SIM 1 opsi (atau SIM 2 sesuai pilihan Anda untuk mengaktifkan 5G).

Kartu Sim

Langkah 3: Selanjutnya, temukan dan klik pada Jenis jaringan yang dipilih.

Jenis jaringan yang dipilih

Langkah 4: Terakhir, pilih 5G/4G/3G/2G (koneksi otomatis) dari menu tarik-turun.

Cara Mengaktifkan 5G

Sekarang Anda dapat menggunakan jaringan 5G di perangkat Android Anda.

Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah bahwa tergantung pada perangkat dan model, Pengaturan dan menu dapat bervariasi. Langkahnya, misalnya, bisa sedikit berbeda untuk Samsung dibandingkan OnePlus atau Oppo. Tapi prosesnya akan tetap sama. Untuk semua orang yang menggunakan smartphone lain, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan 5G di android.

Google Pixel dan Stok Ponsel Android

Untuk mengaktifkan 5G di Google Pixel Anda, pertama buka Pengaturan -> Jaringan & Internet -> SIM -> Jenis jaringan pilihan -> Pilih 5G.

Ponsel dan Tablet Samsung

Untuk mengaktifkan 5G di ponsel Samsung Anda, buka Pengaturan -> Koneksi -> Jaringan seluler -> Mode jaringan -> Pilih 5G/LTE/3G/2G (koneksi otomatis).

Vivo/iQoo

Untuk mengaktifkan 5G di perangkat Vivo atau iQoo Anda, buka Pengaturan -> SIM 1 atau SIM 2 -> Jaringan seluler -> Mode Jaringan -> pilih mode 5G.

Satu ditambah

Untuk mengaktifkan 5G di perangkat OnePlus Anda, buka Pengaturan -> Wi-Fi & jaringan -> SIM & Jaringan -> Jenis jaringan pilihan -> Pilih 2G/3G/4G/5G (otomatis).

lawan

Untuk menggunakan 5G di perangkat Oppo Anda, buka Pengaturan -> Koneksi & Berbagi -> Ketuk SIM 1 atau SIM 2 -> Jenis jaringan yang disukai -> Pilih 2G/3G/4G/5G (otomatis).

Also Read:  Tiga Cara Mudah Menjaga Keamanan Obrolan WhatsApp Pribadi Anda

realme

Untuk mengaktifkan 5G di Perangkat Realme Anda, buka Pengaturan-> Koneksi & Berbagi -> SIM 1 atau SIM 2 -> Jenis jaringan pilihan -> Pilih 2G/3G/4G/5G (otomatis).

Xiaomi/Poco

Untuk mengaktifkan 5G di perangkat Xiaomi atau Poco Anda, buka Pengaturan -> Kartu SIM dan jaringan seluler -> Jenis jaringan pilihan -> pilih Prefer 5G.

Kiat Tambahan –

Sekarang, Anda tahu cara mengaktifkan 5G, tetapi secepat itu, menjadi penting untuk menjaga data Anda tetap terkendali. Karena Anda pasti tidak ingin kehabisan, dan cara paling efisien untuk melakukannya adalah dengan aplikasi khusus seperti Periksa Penggunaan Data Internet.

Aktifkan 5G

Ini adalah alat yang berguna yang memungkinkan Anda melacak penggunaan data seluler dan Wi-Fi Anda. Aplikasi gratis ini memudahkan pengguna untuk memantau penggunaan data dan menetapkan batasan pada perangkat Android mereka. Periksa Penggunaan Data Internet memberi tahu pengguna ketika batas yang telah ditentukan telah terlampaui, membantu penggunaan data seluler dan Wi-Fi secara lebih cerdas. Fitur Grafik Data waktu nyata menampilkan grafik data yang telah digunakan aplikasi. Alat ini juga bekerja sangat baik untuk melacak secara real time dan memantau batas data.

Hasil Akhir:

5G adalah teknologi jaringan generasi berikutnya dengan implikasi yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan profesional. Dari mengonsumsi multimedia resolusi tinggi hingga berkomunikasi secara real-time, ia menawarkan beberapa manfaat yang jelas dan mengejutkan. Sekarang Anda tahu cara mengaktifkan 5G di Android dan iPhone Anda.

Tinggalkan komentar di bawah untuk memberi tahu kami metode mana yang Anda gunakan dan jika Anda menyukai artikelnya, bagikan di media sosial.

Source link

Related Articles