Apps

Cara Memperbaiki Masalah Terdeteksi Overlay Layar Di Android

Jika Anda adalah pengguna Android, Anda harus mengetahui masalah umum yang dihadapi pengguna Android. Salah satunya adalah overlay layar terdeteksi pesan kesalahan. Jika Anda menghadapi masalah yang sama, Anda berada di tempat yang tepat.

Tetapi sebelum kita memperbaiki masalah ini, kita harus tahu persis apa pesan kesalahan Screen Overlay Detected” ini dan mengapa masalah overlay layar Android ini terjadi.

ADVERTISEMENT

Apa Overlay Layar Android Terdeteksi?

Biasanya, pesan pop-up dengan pesan “Untuk mengubah pengaturan izin ini, pertama-tama Anda harus mematikan hamparan layar dari Pengaturan > Aplikasi” ditampilkan ketika masalah “Layar Overlay Terdeteksi” terjadi.

Aplikasi dapat menggambar di atas program lain menggunakan fitur hamparan layar, yang memungkinkannya berfungsi bahkan saat aplikasi lain terbuka. Pertimbangkan kepala obrolan di Facebook Messenger, yang dapat muncul saat Anda terlibat dalam aktivitas lain untuk memberi tahu Anda bahwa Anda telah menerima pesan.

Baca Juga: 8 Aplikasi Mewarnai Terbaik Untuk Dewasa Untuk 2022

Mengapa Masalah Terdeteksi Overlay Layar Android Terjadi?

Jika Anda melihat pemberitahuan ‘Layar overlay terdeteksi’ dari Google, itu berarti ada sesuatu yang mencoba mengelabui sistem operasi Anda agar memberikan akses ke informasi sensitif. Ini bisa berupa malware, spyware, atau jenis kode berbahaya lainnya yang mengeksploitasi kelemahan keamanan dalam cara perangkat Anda menangani overlay — jendela sementara yang muncul di atas aplikasi lain untuk memberikan lebih banyak informasi atau fungsionalitas.

Fitur tersebut dapat disalahgunakan untuk menyembunyikan informasi dari pengguna dan memanipulasi mereka untuk menerima atau membayar hal-hal yang seharusnya tidak mereka lakukan. Sebelum membuat keputusan penting pada perangkat Anda, pastikan hamparan layar dimatikan dengan mengikuti petunjuk dalam pesan kesalahan.

Baca Juga: 10 Aplikasi Keamanan Wanita Terbaik Untuk Android

Also Read:  Inilah Mengapa WebView Sistem Android tidak diperbarui (tertunda)

Dengan itu, mari kita langsung ke proses perbaikan overlay layar.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kesalahan Terdeteksi Overlay Layar Di Android?

Untuk memperbaiki masalah overlay layar yang terdeteksi, ikuti langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi “Pengaturan” di ponsel Anda.
  • Sekarang gulir ke bawah sedikit dan ketuk “Aplikasi & pemberitahuan.”

aplikasi dan notifikasi

  • Di jendela Aplikasi & pemberitahuan, cari dan klik “Akses aplikasi khusus”.

akses aplikasi sosial

  • Sekarang di bawah akses aplikasi khusus, cari dan ketuk opsi “Tampilkan di atas aplikasi lain”.

tampilkan di atas aplikasi lain

  • Sekarang daftar aplikasi akan muncul di depan Anda. Klik pada aplikasi ini satu per satu dan matikan tombol sakelar untuk menonaktifkan opsi “Izinkan tampilan di atas aplikasi lain”.

izinkan aplikasi

Baca Juga: Android 13: Apa yang baru? Apa Bedanya Dengan Upgrade Sebelumnya?

Untuk Membungkus Ini

Jadi, ini adalah bagaimana Anda dapat memperbaiki kesalahan deteksi overlay layar di Android. Dan ingat bahwa hamparan layar yang terdeteksi ini dapat terjadi pada perangkat Android apa pun yang mendukung fitur ini. Untungnya, Google membuatnya sangat mudah untuk mengidentifikasi aplikasi yang melanggar di Android dengan pesan sederhana yang menjelaskan dengan tepat apa yang menimpa aplikasi lain. Itu saja untuk saat ini! Sampai jumpa lagi dengan blog informasi lain seperti ini.

Source link

Related Articles