ASURANSI

Perbedaan Simple Asuransi Kombinasi Dengan TLO & All Risk

Perbedaan Simple Asuransi Kombinasi Dengan TLO & All Risk – Memilih asuransi mobil memang tidak mudah. Meskipun kita sudah mengetahui keunggulan dan kelebihan masing-masing polis, keputusan itu tentu masih memerlukan pertimbangan yang matang.

Jangan khawatir, sebenarnya kita bisa saja mengkombinasikan kedua jenis asuransi tersebut. Namun, bedakan jangka waktu pengajuan polis agar premi asuransi tidak membebani Anda.

Misalnya, ajukan asuransi mobil All Risk di tahun pertama sampai ketiga cicilan mobil tersebut. Setelah itu, ganti polis asuransi menjadi TLO pada tahun keempat dan seterusnya.

Tidak cuma dikombinasikan, polis asuransi All Risk bahkan menawarkan fasilitas perluasan pertanggungan bagi pelanggan yang ingin menambah cakungan perlindungan, di antaranya:

  • Kerusakan akibat banjir, taifun, badai, dan kerusakan karena air.
  • Kerusakan mobil akibat dampak kerusuhan.
  • Kerusakan akibat bencana alam seperti gempa Bumi/tsunami.
  • Kerusakan akibat sabotase atau terorisme.
  • Third Party Liability(TPL).
  • Kecelakaan Pengemudi.
  • Kecelakaan Penumpang.
  • Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (TJHP).
  • Kerusakan yang terjadi di bengkel resmi.

Apa Yang Membedakan Asuransi Mobil Kombinasi Dengan Jenis Asuransi Mobil Lainnya?

Keunggulan utama jenis asuransi ini adalah proteksi yang lebih maksimal, karena mencampurkan dua jenis sekaligus.

Biasanya, asuransi jenis ini dipakai pada mobil baru agar bisa mendapatkan proteksi yang lebih maksimal. Misalnya, kamu menggunakan asuransi kombinasi selama 5 tahun.

Di tiga tahun pertama, perlindungan yang akan kamu dapatkan berupa manfaat pertanggungan all risk. Kemudian, dua tahun berikutnya manfaat yang didapat berupa manfaat dari TLO.

Jadi, bukan berarti dua jenis asuransi langsung dicampurkan selama 5 tahun periode asuransi, ya.

Akan ada pembagian waktu, di beberapa tahun pertama dengan satu jenis asuransi, kemudian di beberapa tahun berikutnya mengganti jenis asuransi mobil berikutnya.

Apa Itu Asuransi Kombinasi?

Sesuai namanya, asuransi kombinasi adalah campuran dari dua jenis asuransi mobil. Meski terbagi dua, tapi tak tertutup kemungkinan kita bisa mengombinasikan dua jenis asuransi itu.

Hal ini terkait dengan kebutuhan dan faktor ekonomisnya. Misalnya, saja saat membeli truk baru kita bisa mengambil jenis asuransi all risk di dua atau tiga tahun pertama.

Asuransi Motor Terbaik di Indonesia Tahun 2022 Yang Patut Anda Ketahui!

Sedangkan di tahun berikutnya beralih ke TLO karena usia kendaraan yang tak muda lagi.

Lalu bagaimana dengan motor? Tentu saja tergantung dengan jenis motornya. Motor yang harganya di bawah Rp30 juta lebih baik pakai TLO.

Alasannya, kerusakannya masih bisa diatasi dengan isi kantong kita. Katakanlah jatuh sehingga rusak pada bodi yang biaya servisnya tak lebih dari Rp500 ribu.

Beda dengan motor yang harganya di atas Rp30 juta seperti Kawasaki Ninja 250, Ducati, KTM, Harley Davidson, maupun moge lainnya.

Sebaiknya, tunggangan seperti itu termasuk pertanggungan asuransi all risk. Kerusakan yang terjadi pada moge biasanya biaya perbaikannya sangat mahal.

Tambahan lagi, asuransi jenis TLO bisa pula disandingkan dengan perluasan jaminan seperti Tanggung Jawab Hukum terhadap pihak ketiga (TJH III) dan Personal Accident (PA).

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Harga Premi Asuransi Mobil

1. Jenis jaminan (all risk atau TLO)

Jenis asuransi mobil comprehensive atau all risk pastinya lebih tinggi dibanding TLO. Lebih-lebih jika all risk itu ditambah dengan perluasan jaminan yang pada gilirannya akan menambah besaran premi.

2. Jenis kendaraan

Jenis kendaraan menjadi faktor perhitungan premi yang nilainya dari persentase harga kendaraan baru dan harga kendaraan di pasaran jika statusnya bekas.

Semakin mahal harga kendaraan maka persentasenya semakin kecil. Meski begitu, kendaraan yang dilengkapi fitur keselamatan bisa jadi pertimbangan mendapatkan diskon premi.

3. Usia pengemudi

Pengendara di rentang usia di bawah 30 tahun dan di atas 60 tahun kemungkinan dikenai premi yang tinggi.

Alasannya, statistik kecelakaan menunjukkan usia yang disebut di atas berisiko tinggi mengalami kecelakaan. Maka itu, usia pengemudi yang direkrut Bambang ikut pula dipertimbangkan pihak asuransi.

4. Rekam jejak kredit

Rekam jejak yang bagus di bank atau lembaga keuangan lain bisa jadi dasar mendapatkan keringanan premi. Begitu pun sebaliknya, jika sebelumnya punya masalah dengan riwayat kredit bisa memberatkan premi.

AXA Mandiri Hadirkan Asuransi Mandiri Secure Wealth

Untungnya, Bambang belum punya masalah dengan kredit di bank sehingga bisa jadi poin tambahan di mata pihak asuransi.

5. Riwayat mengemudi

Pihak asuransi punya mata dan telinga di kepolisian. Artinya, mereka bisa tahu riwayat mengemudimu.

Jika sering kena tilang, pernah mengalami kecelakaan, dan lain sebagainya, maka pihak asuransi menilai kamu punya risiko tinggi yang pada gilirannya beban premi makin mahal.

Hal ini sebaiknya menjadi perhatian Bambang dalam merekrut sopir armadanya.

6. Lokasi

Domisili turut mempengaruhi besaran premi asuransi. Pasalnya, pihak asuransi punya catatan lokasi-lokasi yang dinilai rawan kriminalitas seperti pencurian kendaraan.

Selain itu, pihak asuransi juga akan mensurvei rumahmu apakah punya garansi atau tidak.

7. Rata-rata jarak tempuh

Semakin sering mobil digunakan, semakin tinggi pula risikonya. Dengan begitu, jarak tempuh kendaraan bakal menjadi faktor yang mempengaruhi besaran premi. Meski begitu, faktor ini tak berlaku untuk kendaraan baru.

Keputusan final dalam menentukan pilihan asuransi yang terbaik ada di tanganmu sebagai pemilik kendaraan.

Sebelum mengambil produk asuransi, ada baiknya mengukur gambaran risiko kendaraan tersebut.

Misalnya, jika kendaraan digunakan sebagai mobilitas sehari-hari maka risiko mengalami musibah lebih tinggi.

(Sumber)

Demikianlah artikel kali ini tentang Perbedaan Simple Asuransi Kombinasi Dengan TLO & All Risk. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget!

Related Articles

Back to top button