Apps

Cara Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga dengan Aman Di macOS

Menjaga komputer Anda aman dan terlindungi sangat penting, terutama jika Anda memiliki informasi sensitif. Namun, munculnya aplikasi pihak ketiga telah menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan dan potensi risikonya. Meskipun ada banyak aplikasi eksklusif Mac di luar sana yang memiliki beberapa fitur hebat, mereka juga memiliki risiko. Untuk lebih jelasnya, kami tidak berbicara tentang aplikasi aneh yang muncul saat Anda mencari sesuatu di internet. Aplikasi yang sah ini berasal dari pengembang terkemuka dan muncul di App Store — hanya saja tidak dibuat oleh Apple.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Aplikasi Tidak meluncurkan macOS Ventura

ADVERTISEMENT

Menjaga Mac Anda tetap aman adalah proses yang berkelanjutan, tetapi Anda dapat mengambil beberapa langkah cepat dan mudah untuk menjaga keamanan komputer Anda dari app pihak ketiga yang kurang menyenangkan. Kemudahan mengunduh aplikasi ini dari internet berarti pengguna Mac harus berhati-hati saat membukanya. Itu sebabnya kami akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan aman di macOS.

Tapi sebelum kita melompat pada itu. Mari kita luangkan waktu sejenak dan diskusikan apa itu aplikasi pihak ketiga, apakah aman, dan potensi risiko dari aplikasi pihak ketiga.

Apa Itu Aplikasi Pihak Ketiga?

aplikasi pihak ketiga

Aplikasi pihak ketiga dikembangkan oleh programmer/pengembang yang bukan pembuat situs web atau perangkat.

Dalam istilah awam, “Aplikasi pihak ketiga adalah yang dikembangkan oleh perusahaan selain Google atau Apple untuk toko aplikasi resmi (Google Play Store & Apple App Store) dan yang menyetujui persyaratan pengembangan yang ditetapkan oleh toko aplikasi tersebut.”

Misalnya, Apple mengembangkan browser internet Safari, aplikasi bawaan untuk iPhone. Namun, aplikasi browser internet lainnya tersedia di App Store yang hanya diizinkan Apple untuk digunakan dengan iPhone.

Also Read:  Cara mengambil alih perangkat Android tanpa sepengetahuan pemiliknya

Jenis aplikasi pihak ketiga lainnya adalah aplikasi media sosial, seperti Facebook atau Instagram. Aplikasi ini tidak dikembangkan oleh Google atau Apple.

Apakah Aplikasi Pihak Ketiga Aman?

Aplikasi pihak ketiga umumnya aman. Oleh karena itu, jawaban atas pertanyaan ini adalah “Ya.” Menginstal aplikasi App Store saja merupakan opsi jika keamanan adalah prioritas Anda. Apple, bagaimanapun, juga telah menyelidiki dan menyetujui aplikasi non-App Store yang telah diautentikasi.

Apa Risiko Aplikasi Pihak Ketiga?

Risiko utama menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah bahwa itu mungkin malware atau spyware. Mereka juga dapat membahayakan privasi Anda karena mereka mengumpulkan data tentang Anda dan membaginya dengan pengiklan dan pihak ketiga lainnya. Selain itu, aplikasi ini dapat mengumpulkan informasi tentang Anda, termasuk lokasi Anda, apa yang Anda lakukan, dan apa yang Anda lihat.

Masalah potensial lainnya terjadi ketika aplikasi pihak ketiga diretas atau dicuri. Serangan ini dapat membahayakan informasi pribadi Anda dan harus dihindari terlepas dari faktor kenyamanannya.

Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda harus selalu mengawasi aplikasi baru yang terlihat mencurigakan. Jika Anda melihat aplikasi yang tidak dikenal di browser atau perangkat Anda, pastikan untuk segera menghapusnya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki macOS Tidak Dapat Diinstal di Komputer Anda Kesalahan

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga dengan Aman Di macOS?

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda mengetahui untuk apa Anda mendaftar, siapa yang bertanggung jawab untuk memastikan keamanannya, dan cara melaporkan masalah apa pun.

izinkan aplikasi untuk mengunduh

  • Saat Anda baik-baik saja menginstal aplikasi yang bukan dari Mac App Store, pilih pilihan “Identified Developers”. Namun, perhatikan tanda peringatan apa pun yang memberi tahu Anda bahwa aplikasi yang Anda instal berasal dari pengembang yang tidak dikenal, dan berhati-hatilah sebelum melanjutkan proses penyiapan.
  • Jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda mengetahui untuk apa Anda mendaftar, siapa yang bertanggung jawab untuk memastikan keamanannya, dan cara melaporkan masalah apa pun.
  • Perbarui semua aplikasi Anda secara teratur.
  • Perbarui juga ekstensi browser Anda.
  • Jangan hanya mengabaikan peringatan dari macOS bahwa ekstensi atau aplikasi yang Anda gunakan memerlukan pembaruan atau mungkin berbahaya. Perhatikan peringatan dengan serius.
Also Read:  10 Aplikasi Perpesanan & SMS Gratis Terbaik untuk Android (2022)
Kiat Penulis: Jalankan pemindaian virus di Mac Anda sesering mungkin untuk perlindungan yang lebih baik. Dan dapat menggunakan produk anti-malware tertentu di pasar dapat digunakan untuk mencapai hal ini. Kami menyarankan Bersihkan Sistem Saya karena ia menawarkan banyak fitur tambahan untuk menjaga Mac Anda beroperasi secara efisien dan aman dan memindainya secara teratur dari virus.

Klik Di Sini untuk Mengunduh Bersihkan Sistem Saya!

Baca Bersihkan Tinjauan Sistem Saya

Untuk Membungkus Ini.

Jadi ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan aman di macOS. Aplikasi pihak ketiga mungkin nyaman jika menawarkan cara untuk bertemu orang baru dan membuat koneksi, tetapi juga dapat menimbulkan risiko.

Aplikasi pihak ketiga mungkin kurang teliti dibandingkan aplikasi yang dikembangkan oleh organisasi. Ini berarti bahwa informasi yang Anda bagikan tidak akan terlalu diawasi dan dapat digunakan dengan cara yang tidak diizinkan dengan aplikasi perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk meluangkan waktu untuk mengevaluasi setiap aplikasi dengan cermat sebelum mengizinkannya masuk ke jaringan Anda.

Source link

Related Articles