Soal Jawaban

Persesjen Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS – KEPO GADGET

Persesjen Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS

Amongguru.com. Sekretaris Jenderal, Kemendikbudristek telah menerbitkan Persesjen Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

ADVERTISEMENT

Persesjen Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah diterbitkan dengan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut.

1. Bahwa untuk mengoptimalkan pengelolaan kegiatan dan anggaran satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah perlu adanya sistem aplikasi yang dapat mengakomodir pengelolaan dimaksud.

2. Bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menyediakan sistem pengelolaan kegiatan dan anggaran satuan pendidikan melalui Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Pendidikan (RKAS).

3. Aahwa agar aplikasi RKAS dapat digunakan oleh satuan pendidikan secara efisien dan efektif, perlu menyusun pedoman penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Pendidikan.

Landasan Hukum

1. Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2021 tentang Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 156).

2. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 963).

3. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah, Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 73).

Ketentuan Umum

1. Satuan Pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.

2. Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Pendidikan yang selanjutnya disebut ARKAS adalah sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi Satuan Pendidikan dalam melakukan tata kelola perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan penatausahaan, serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah dan atau sumber dana lainnya dalam bentuk digital.

Also Read:  Rumah Adat Di Kalimantan, Biasanya Berbentuk - Kepo Gadget

3. Manajemen Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Pendidikan yang selanjutnya disebut MARKAS adalah sistem aplikasi berbasis elektronik yang terintegrasi dengan ARKAS sistem informasi untuk memfasilitasi Dinas Pendidikan dalam melakukan pengawasan terhadap tata kelola anggaran perencanaan, penatausahaan, serta pelaporan dana bantuan operasional sekolah dan atau sumber dana lainnya dalam bentuk digital.

4. Dana Bantuan Operasional Sekolah yang selanjutnya disebut Dana BOS adalah dana yang digunakan terutama untuk mendanai belanja non personalia bagi Satuan Pendidikan dasar dan menengah sebagai pelaksana program wajib belajar dan dapat dimungkinkan untuk mendanai beberapa kegiatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

5. Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler yang selanjutnya disebut Dana BOS Reguler adalah Dana BOS yang dialokasikan untuk membantu kebutuhan belanja operasional seluruh Peserta Didik pada Satuan Pendidikan dasar dan menengah.

6. Dana Bantuan Operasional Sekolah Kinerja yang selanjutnya disebut Dana BOS Kinerja adalah dana yang dialokasikan bagi Satuan Pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik sebagai sekolah berprestasi dan sekolah yang ditetapkan sebagai pelaksana program sekolah penggerak.

7. Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan Pendidikan yang selanjutnya disingkat RKAS adalah dokumen perencanaan kegiatan dan penganggaran untuk 1 (satu) tahun anggaran yang dikelola oleh Satuan Pendidikan.

8. Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali Peserta Didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan.

9. Dinas Pendidikan yang selanjutnya disebut Dinas adalah perangkat daerah yang merupakan unsur pembantu kepala daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

10. Kementerian adalah kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang
pendidikan.

11. Menteri adalah menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

Also Read:  Untuk menyatakan fungsi utama berakhir ketika di running dan dijalankan tanpa adanya debug atau error disebut​ - Kepo Gadget

Baca : SE Mendikbudristek tentang Akselerasi Program Satu Rekening Satu Pelajar KEJAR

Tujuan

Pedoman penggunaan ARKAS bertujuan untuk:

a. memberikan acuan langkah-langkah pengoperasian ARKAS;

b. memberikan contoh format dokumen ARKAS bagi Satuan Pendidikan; dan

c. memberikan gambaran proses bisnis pengelolaan kegiatan dan anggaran yang dilakukan Satuan Pendidikan.

Satuan Pendidikan Pengguna

Satuan Pendidikan pengguna ARKAS meliputi:

a. sekolah dasar;

b. sekolah menengah pertama;

c. sekolah menengah atas;

d. sekolah menengah kejuruan; dan

e. sekolah luar biasa.

Tahpan

Tahapan penggunaan ARKAS meliputi:

a. mengunduh dan registrasi;

b. perencanaan dan penganggaran;

c. penatausahaan dan pelaksanaan;

d. pergeseran dan perubahan RKAS; dan

e. pelaporan dan pertanggungjawaban.

Pengoperasional ARKAS

ARKAS dioperasikan oleh kepala Satuan Pendidikan. Kepala Satuan Pendidikan dalam mengoperasikan ARKAS dapat dibantu oleh bendahara dan/atau tenaga administrasi Satuan Pendidikan.

Kepala Satuan Pendidikan mengoperasikan ARKAS sesuai dengan pedoman penggunaan ARKAS. Pedoman penggunaan ARKAS sebagaimana dimaksud dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Sekretaris Jenderal ini.

Salinan Persesjen Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Persesjen Nomor 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Aplikasi RKAS pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel kali ini tentang Soal Jawaban. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget.

Related Articles