Soal Jawaban

Jadwal Pembukaan Pendaftaran PPPK Guru Tahun 2022 Terbaru, Cek di Sini. – KEPO GADGET

Jadwal Pembukaan Pendaftaran PPPK Guru Tahun 2022 Terbaru, Cek di Sini.

Amongguru.com. Jadwal terbaru mengenai pembukaan pendaftaran PPPK Guru Tahun 2022 telah diterbitkan. Jadwal seleksi PPPK 2022 bisa saja mengalami perubahan, seiring ketentuan yang diputuskan oleh Pemerintah.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, pelamar perlu selalu memantau perkembangkan informasi terkait jadwal seleksi PPPK Guru Tahun 2022. Guru yang memenuhi kriteria persyaratan seleksi, perlu memahami jadwal seleksi PPPK 2022.

Mekanisme pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional Guru Tahun 2022 telah diatur secara khusus dalam PermenPANRB Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjainjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022.

Di dalam PermenPANRB Nomor 20 Tahun 2022 tersebut diinformasikan bahwa pelamar yang dapat melamar sebagai PPPK Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2022 terdiri atas kategori, yaitu pelamar prioritas dan pelamar umum.

Pelamar prioritas terdiri dari pelamar prioritas I, pelamar prioritas II, dan pelamar prioritas III. Pelamar prioritas I terdiri atas:

1. THK-II yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021;

2. Guru non-ASN yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021;

3. Lulusan PPG yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021; dan

4. Guru Swasta yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021.

Pelamar prioritas II merupakan THK-II. Sedangkan Pelamar prioritas III merupakan Guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja paling rendah 3 (tiga) tahun.

Sedangkan pelamar umum terdiri atas lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan PPG di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan pelamar yang terdaftar di Dapodik.

Also Read:  Upaya Mengatasi Ancaman Di Bidang Ideologi Adalah? - Kepo Gadget

Pelamar harus memenuhi persyaratan umum terkait usia, yaitu harus berusia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 59 (lima puluh sembilan) tahun pada saat pendaftaran

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka terdapat beberapa kategoti yang tidak dapat mengikuti seleksi PPPPK Guru Tahun 2022, sebagai berikut.

1. Tenaga Honorer yang bukan berstatus THK-II

2. Tenaga Honorer tidak mendapatkan honorarium dari APBN atau APBD

3. Tenaga Honorer yang bekerja kurang dari satu tahun

4. Tenaga Honorer yang belum berusia 20 tahun

5. Tenaga Honorer yang berusia lebih dari 56 tahun.

Pemenuhan kebutuhan PPPK jabatan Fungsional Guru Tahun 2022 didahulukan untuk pelamar prioritas I. Pemenuhan kebutuhan bagi pelamar prioritas I ini berlaku urutan dari :

1. THK-II yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021;

2. Guru non-ASN yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021;

3. Lulusan PPG yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021; dan

4. Guru Swasta yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021.

Di dalam hal pemenuhan kebutuhan oleh pelamar priotitas I belum terpenuhi, akan dipenuhi oleh pelamar prioritas II.

Apabila pemenuhan kebutuhan oleh pelamar prioritas II belum terpenuhi, akan dipenuhi oleh pelamar prioritas III, yaitu Guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan memiliki masa kerja paling rendah 3 (tiga) tahun. Apabila pemenuhan kebutuhan oleh pelamar III belum terpenuhi, akan dipenuhi oleh pelamar umum.

Jadwal Pembukaan Pendaftaran PPPK Guru Tahun 2022

Guru yang mengikuti seleksi PPPK Tahun 2022 akan melewati tahapan sesuai jadwal seleksi PPPK 2022, sebagai berikut.

Also Read:  Gambar Disamping Merupakan Bentuk Galaksi?

1. Penetapan keputusan Menteri tentang Kebutuhan ASN Nasional 2022, pada jadwal Minggu ke 3 Juni 2022.

2. Coaching Clinic Usulan Kebutuhan Guru TA 2022 di Instansi Daerah, pada jadwal Minggu ke 3 Juni – Minggu ke 2 Juli 2022.

3. Pembukaan pengusulan ASN tahun 2022 melalui aplikasi formasi untuk Instansi Daerah, pada jadwa Minggu ke 4 Juni – Minggu ke 3 Juli 2022.

4. Rakor transfer naskah soal seleksi tahun 2022, pada Minggu ke 4 Agustus 2022.

5. Rakor pengadaan ASN tahun 2022 penyerahan Kepmen tentang penetapan kebutuhan ASN kepada seluruh Instansi Pemerintah, pada Minggu ke 1 September 2022.

6. Rencana pembukaan pendaftaran seleksi CASN, pada Minggu ke 3 dan 4 September 2022.

Sesuai rangkaian jadwal seleksi PPPK 2022 tersebut, maka dapat diketahui bahwa pembukaan pendaftaran seleksi CASN akan dilakukan pada Minggu ke-3 dan 4 September 2022.

Demikian informasi mengenai Jadwal pembukaan pendaftaran PPPK jabatan fungsional Guru tahun 2022 terbaru. Semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel kali ini tentang Soal Jawaban. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget.

Related Articles