Soal Jawaban

Contoh Rubrik Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila – KEPO GADGET

Manfaat Rubrik

1. Bagi pendidik

Rubrik yang efektif dapat mengurangi waktu yang dihabiskan pendidik untuk menilai karena sudah ada deskripsi jelas yang menjadi acuan pendidik.

ADVERTISEMENT

Deskripsi ini memastikan konsistensi dan objektivitas dalam menilai sehingga dapat mengurangi ketidakpastian dan keluhan tentang nilai.

2. Bagi peserta didik

Rubrik yang efektif dapat memberikan peserta didik pemahaman yang jelas mengenai ekspektasi suatu tugas dan keterkaitan tugas dengan tujuan projek.

Oleh karena itu, peserta didik dapat berlatih mengevaluasi pekerjaan mereka sendiri menggunakan rubrik yang ada. Rubrik juga bisa dipakai sebagai acuan pemberian umpan balik.

Membuat Rubrik yang Efektif Untuk Projek

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat rubrik asesmen secar efektif untuk projek..

1. Jumlah kriteria dan tingkatan kualitas performa

Jumlah kriteria dan kualitas tingkatan performa, yaitu 3 – 5 tingkatan kualitas performa dan lebih dari 2 kriteria performa.

2. Deskripsi yang jelas dan dapat dibedakan antar tingkatan.

Rubrik memiliki kriteria dan deskripsi terperinci akan kualitas performa sesuai dengan tingkatannya, hal yang membuat peserta didik memenuhi kriteria, misalnya “mulai berkembang”, “sudah berkembang”, “mahir”, “sangat mahir”.

3. Deskripsi yang mudah untuk diobservasi.

Rubrik dibuat untuk mempermudah penilaian dan menjaga penilaian tetap objektif. Oleh karena itu, penjelasan kriteria tidaklah lagi bersifat analitis tetapi deskriptif yang bisa dengan mudah dinilai dari observasi.

4. Dokumen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Di dalam mengembangkan rubrik untuk projek, pendidik dapat mengacu kepada naskah akademik Profil Pelajar Pancasila untuk melihat sub-elemen profil yang bisa dikembangkan melalui projek.

Rincian alur perkembangan sub-dimensi dari fase A hingga fase E dapat dipakai sebagai acuan apakah anak sudah mengembangkan keterampilan di sub-elemen tertentu sesuai fasenya.

Also Read:  Tuliskan Aspek Apa Saja Pancasila Sebagai Falsafah? - Kepo Gadget

5. Tipe aktivitas

Selain memperhatikan elemen dan sub-elemen projek, pembuatan rubrik juga harus memperhatikan tipe aktivitas dan ketrampilan yang bisa dikembangkan dari aktivitas tersebut.

Misalnya, rubrik untuk poster akan berbeda dengan rubrik menulis esai argumentatif karena mengasah keterampilan yang berbeda.

6. Libatkan peserta didik dalam merancang rubrik

Ketika peserta didik berkontribusi membuat kriteria penilaian dengan cara yang bermakna, pembelajaran menjadi semakin efektif karena peserta didik cenderung melihat penilaian sebagai peluang untuk umpan balik dan berkembang karena mereka memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang tujuan kegiatan projek mereka.

Contoh Rubrik Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Demikianlah artikel kali ini tentang Soal Jawaban. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget.

Related Articles