Soal Jawaban

Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila PAUD dan Contoh Kontekstualisasinya – KEPO GADGET

Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila PAUD dan Contoh Kontekstualisasinya

Amongguru.com. Salah satu cara untuk mencapai penguatan Profil Pelajar Pancasila, yaitu melalui metode pembelajaran project based learning.

ADVERTISEMENT

Metode pembelajaran pada Kurikulum Merdeka lebih banyak melalui project sebagai upaya untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Di dalam pelaksanaannya, projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan dengan mengacu pada tema yang sudah ditetapkan. Kemendikbudristek menentukan tema untuk setiap projek profil yang diimplementasikan di satuan pendidikan, baik pada jenjang PAUD maupun Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen).

Dimulai pada tahun ajaran 2021/2022, terdapat empat tema untuk jenjang PAUD dan delapan tema untuk SD-SMK dan sederajat yang dikembangkan berdasarkan isu prioritas dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035, Sustainable Development Goals, dan dokumen lain yang relevan.

Tema Projek Profil PAUD

Pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk pengayaan wawasan dan penanaman karakter sejak dini.

Penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan perwujudan enam karakter profil pelajar Pancasila pada fase fondasi.

Untuk pelaksanaan kegiatan di PAUD, pemerintah menetapkan tema-tema utama yang dapat dikerucutkan menjadi topik oleh satuan pendidikan sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik.

Empat tema projek penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD disusun berdasarkan prioritas nasioanl yang juga menjadi tema di Pendidikan Dasar dan Menengah akan tetapti disesuaikan dengan konteks PAUD.

Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dipilih oleh satuan PAUD adalah sebagai berikut.

1. Aku Sayang Bumi

Tema ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik pada isu lingkungan, eksplorasi dalam mencari solusi kreatif yang dapat dilakukan oleh peserta didik, serta memupuk kepedulian terhadap alam sebagai perwujudan rasa sayang terhadap ciptaan Tuhan YME.

Also Read:  pada saat musim dingin rempah-rempah oleh bangsa eropa digunakan untuk - Kepo Gadget

Contoh kontekstualisasi tema :

a. Eksplorasi penyebab banjir di sekitar, membuat dan menghias tempat sampah dari barang bekas; dan

b. Membuat karya seni dari bahan alam.

2. Aku Cinta Indonesia “Kearifan Lokal”

Tema ini bertujuan agar peserta didik mengenal identitas dan karakteristik negara, keberagaman budaya dan ciri khas lainnya tentang Indonesia sehingga mereka memahami identitas dirinya sebagai anak Indonesia, serta bangga menjadi anak Indonesia.

Contoh kontekstualisasi tema : Eksplorasi budaya nusantara dengan kunjungan ke museum budaya setempat

3. Kita Semua Bersaudara “Bhinneka Tunggal Ika”

Tema ini bertujuan mengajak peserta didik untuk mampu berinteraksi dengan teman sebaya, menghargai perbedaan, mau berbagi, dan mampu bekerja sama.

Contoh kontekstualisasi tema : Membuat “minggu bertukar bekal” di mana peserta didik membawa bekal, menceritakan, dan menghargai makanan yang biasa dimakan di rumah masing-masing.

4. Imajinasi dan Kreativitasku “Rekayasa dan Teknologi”

Tema ini bertujuan mengajak peserta didik belajar mengenali dunianya melalui imajinasi, eksplorasi, dan eksperimen. Pada tema Imajinasi dan Kreativitasku, peserta didik distimulasi dengan serangkaian kegiatan yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu, memperkaya pengalamannya dan menguatkan kreativitasnya.

Contoh kontekstualisasi tema: Eksplorasi cara membuat kendaraan bersayap lalu bermain peran tentang terbang dengan kendaraan tersebut.

Sumber : Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Revisi 2022

Demikian tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila PAUD dan contoh kontekstualisasinya. Semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel kali ini tentang Soal Jawaban. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget.

Related Articles