ASURANSI

Sejarah Simple Asuransi di Dunia Yang Harus Diketahui

Sejarah Asuransi di Dunia

Sejarah Simple Asuransi di Dunia Yang Harus Diketahui – Asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak. Sejarah asuransi memiliki hubungan erat dengan masyarakat yang sangat panjang dan terus berkembang hingga saat ini.

Asuransi yang kita kenal hari ini sangat berguna sebagai sarana mengelola risiko. Dengan memiliki asuransi, kita memindahkan risiko finansial atau kerugian yang seharusnya kita tanggung jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, ke perusahaan asuransi.

Asuransi secara global sudah memiliki umur ribuan tahun sejak diciptakan. Ada hal unik yang perlu Anda ketahui mengenai seluk-beluk, peristiwa yang melatarbelakangi hingga sistem ini yang digunakan mulai dari jaman dahulu hingga jaman modern sekarang ini.

1750 Sebelum Masehi Sudah ada Asuransi

Sekitar 1750 SM ternyata sudah dipakai oleh para saudagar dan pedagang Cina maupun Babylonia (Irak) sejak zaman sebelum masehi. Dahulu para pedagang yang menghuni di sekitaran lembah sungai Euphrat dan Tigris memanfaatkan kapal sebagai metode pengiriman barang.

Sejak saat itu para masyarakat Babylonia sudah canggih dalam menerapkan jaminan dalam berdagang/usaha. Sehingga pada saat itu sudah menjadi hal umum untuk para saudagar atau kreditur memberikan pinjaman sejumlah uang dengan jaminan kapal dan sejumlah uang.

Pemilik kapal (peminjam uang) akan dibebaskan dari utang ketika mengetahui bahwa kapalnya tersebut selamat dalam melakukan ekspedisi. Dengan kata lain kapal yang dijaminkan tersebut dibebaskan dapat dicabut statusnya sebagai jaminan. Selanjutnya, sejumlah uang yang dibayarkan tersebut ternyata berfungsi sebagai premi yang wajib dibayarkan atas sejumlah uang atau modal yang diterima.

Kalau kita bandingkan dengan sistem asuransi di jaman sekarang itu bisa kita anggap sebagai polis asuransi, dimana ada perjanjian kedua belah pihak yang saling mengikat untuk memenuhi hak dan kewajibannya. Polis asuransi pada zaman itu, tepatnya pada tahun 1750 diatur dalam hukum raja Hammurabi atau yang lebih dikenal dengan istilah Hammurabi Code. (Sumber)

Penjelasan Simple Asuransi Kesehatan & Jenisnya

Berkembangnya Asuransi di Abad 14

Selanjutnya, di tahun 1347, asuransi mulai berkembang di Genoa dengan kemunculan polis pertama asuransi pada jenis asuransi maritim. Saat itu sudah memasuki masa para penjelajah melakukan eksplorasi ke berbagai belahan dunia. Premi asuransi yang telah dibayarkan pun dibedakan berdasarkan keunikan risiko yang diajukan oleh setiap orang.

Sebagai informasi, Pedro de Santarém merupakan orang pertama yang mencetak literasi tentang masalah-masalah asuransi pada tahun 1552. Hingga akhirnya, catatan-catatan ini terus dikembangkan pada masa Renaissance di Eropa. Sejarah asuransi beserta jenisnya pun juga ikut berkembang dengan sistem yang lebih canggih.

Meski demikian, sejarah asuransi di Benua Eropa pada masa itu masih menerapkan sistem asuransi lama.
Pasalnya, masyarakat di sana masih melakukan tradisi bayar premi asuransi sebagai santunan pada anggota keluarga yang meninggal serta biaya pemakaman. (Sumber)

Berkembangnya Asuransi di Abad 16

Asuransi semakin terlihat manfaatnya ketika revolusi industri di Inggris. Hal itu terjadi setelah terjadinya kebakaran hebat akibat risiko revolusi industri yang pada saat itu baru berkembang. Kebakaran tersebut terlalu sering terjadi sampai mengorbankan banyak orang.

Hal ini pun membuat ekonom yang juga seorang dokter bernama Nicholas Barbon membuka layanan asuransi kebakaran. Bisa dikatakan ini adalah asuransi kebakaran yang hadir pertama kalinya di dunia.

Berkembangnya Asuransi di Abad 17

Perusahaan pertama khusus asuransi kebakaran muncul di Amerika Serikat. Asuransi ini khusus untuk melindungi polis dari risiko kebakaran. Kebanyakan orang yang menggunakannya adalah pengusaha.

Kemudian produk asuransi ini berkembang menjadi asuransi jiwa dan mencetuskan beberapa jenis produk asuransi lainnya yang kita kenal sekarang. (Sumber)

Demikianlah artikel kali ini tentang Sejarah Simple Asuransi di Dunia Yang Harus Diketahui. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget!

Related Articles

Back to top button