Soal Jawaban

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran ATP Bahasa Korea Kelas 10 11 12 SMA – KEPO GADGET

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran ATP Bahasa Korea Kelas 10 11 12 SMA

Amongguru.com. Berikut ini adalah contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Korea untuk jenjang kelas 10 11 12 SMA.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Korea untuk jenjang Kelas 10 11 12 SMA ini sebagai referensi untuk guru dalam mengembangkan ATP mata pelajaran Bahasa Korea SMA.

Guru dapat memodifikasi dan mengembangan ATP Bahasa Korea SMA ini sesuai kebutuhan dalam pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang sudah disusun secara sistematis dan logis dalam fase capaian pembelajaran secara utuh dari fase awal hingga akhir. Alur tujuan pembelajaran ini memang disusun secara linear sesuai urutan kegiatan pembelajaran dengan tujuan mengukur capaian pembelajaran.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan  pencapaian tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

ATP disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju keberhasilan capaian belajar. tujuan pembelajaran pada dasarnya dibuat untuk memudahkan guru dalam mencapai keberhasilan dari materi yang akan dicapai guru lebih terarah dalam mengajar.

Secara umum, Alur Tujuan Pembelajaran mempunyai fungsi sama seperti silabus, yaitu untuk acuan perencanaan pembelajaran. Alur Tujuan Pembelajaran ini bukan hanya dijadikan acuan atau panduan guru, tetapi juga siswa dalam mencapai pencapaian pembelajaran di akhir fase.

Alur Tujuan Pembelajaran disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran (CP).

Pemerintah menetapkan capaian pembelajaran kurikulum merdeka dalam fase-fase, yaitu fase A untuk tingkat kelas 1 dan kelas 2, fase B untuk tingkat kelas 3 dan 4, fase C untuk kelas 5 dan 6, fase D untuk kelas 7 dan 8, fase E untuk kelas 9 dan 10, serta fase F untuk kelas 11 dan 12.

Also Read:  Kaldik SMA SMK SLB Provinsi Sulawesi Barat TP 2022/2023 - KEPO GADGET

Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk melaksanakan capaian pembelajaran di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Pada saat guru menyusun alur tujuan pembelajaran, guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran.

Akan tetapI guru tetap perlu memperhatikan beberapa set alur yang telah digunakan pemerintah sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan.

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran

Di dalam mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP), setiap satuan pendidikan akan membuat dokumen rencana pembelajaran berupa Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar.

Pemerintah pusat sudah menetapkan capaian pembelajaran yang bisa dikembangkan menjadi alur tujuan pembelajaran serta modul ajar oleh setiap sekolah.

Capaian Pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah merupakan sebuah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa setiap perkembangan untuk setiap mata pelajaran di sekolah.

Terdapat beberapa kriteria Alur Tujuan Pembelajaran sebagai berikut.

1. Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa.

2. Setiap fase dalam Alur Tujuan Pembelajaran menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang linear mulai dari awal fase hingga akhir fase.

3. Alur Tujuan Pembelajaran yang dibuat untuk seluruh fase menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang di dalamnya terdapat tahapan perkembangan kompetensi antar fase serta jenjang.

Cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran akan membentuk tujuan pembelajaran dari awal fase hingga akhir fase suatu Capaian Pembelajaran. Guru dapat menyusun tujuan pembelajaran secara kronologis sesuai urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Guru juga dapat menyusun alur pembelajaran masing-masing yang memuat rangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintah akan membantu untuk menyediakan set alur tujuan pembelajaran ini. Set alur ini untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum setiap satuan pendidikan serta panduan dalam menyusun perangkat ajar.

Also Read:  Manfaat Usaha Yang Dijalankan Oleh Pak Danu Adalah? - Kepo Gadget

Aspek Alur Tujuan Pembelajaran

Berdasarkan operasional komponen tujuan pembelajaran, terdapat 3 (tiga) aspek dalam Alur Tujuan Pembelajaran, yaitu kompetensi, konten, dan variasi.

1. Kompetensi

Kompetensi merupakan kemampuan yang dimiliki dan bisa didemonstrasikan atau diaktualisasikan oleh siswa dalam bentuk produk maupun kinerja, baik yang abstrak ataupun konkret.

Kompetensi ini menunjukkan bahwa siswa sudah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Keberhasilan dalam memiliki kompetensi ini bisa dilihat setelah siswa mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran di kelas.

Pada saat menentukan kompetensi dalam Alur Tujuan Pembelajaran, guru dapat menggunakan kata kerja operasional yang bisa diamati sesuai dengan taksonomi bloom yang direvisi.

Sebagai contoh, peserta didik mampu memberikan solusi untuk mengatasi perubahan lingkungan akibat faktor manusia.

2. Konten

Konten merupakan isi atau materi ilmu pengetahuan inti maupun konsep utama yang bisa didapatkan oleh siswa melalui pemahaman selama mengikuti proses pembelajaran di akhir 1 (satu) unit pembelajaran.

Guru dapat menentukan ilmu pengetahuan atau konsep utama apa yang harus dipahami siswa di akhir satu unit pembelajaran.

Selanjutnya, guru juga dapat merumuskan pertanyaan yang hrus dapat dijawab siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran unit tersebut. Contoh konten adalah perubahan alam yang terjadi di permukaan bumi akibat faktor manusia.

3. Variasi

Alur Tujuan Pembelajaran juga perlu memenuhi aspek variasi, yaitu beberapa keterampilan berpikir siswa yang harus dikuasai untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Variasi keterampilan berpikir ini, seperti berpikir kritis, kreatif, dan berpikir tingkat tinggi, seperti analisis evaluasi, prediksi, menciptakan, dan lain-lain.

Guru dapat menentukan variasi keterampilan berpikir siswa yang harus dikuasai. Salah satu perantinya adalah menggunakan soal-soal HOTS. Sebagai contoh, peserta didik mampu menganalisis hubungan manusia dengan perubahan alam di permukaan bumi lalu membuat kesimpulan faktor utamanya.

Also Read:  Where Is The Library Located? It Is On The ...on This Building? - Kepo Gadget

Di dalam hal ini, siswa dituntut mempunyai variasi berpikir untuk mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, serta membuat kesimpulan materi tersebut.

Contoh ATP Bahasa Korea Kelas 10 11 12 SMA

Contoh ATP Bahasa Korea jenjang SMA ini untuk memberikan gambaran bentuk Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Jerman SMA berdasarkan Capaian Pembelajaran yang ditetapkan.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Korea untuk kelas 10 11 12 SMA selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Alur Pembelajaran Bahasa Korea SMA – Unduh

Demikian contoh Alur Tujuan Pembelajaran ATP Bahasa Korea Kelas 10 11 12 SMA. Semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel kali ini tentang Soal Jawaban. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget.

Related Articles