Soal Jawaban

Susunan Upacara Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022 – KEPO GADGET

Susunan Upacara Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022

Amongguru.com. Berikut ini adalah contoh susunan Upacara Renungan dan Ulang Janji peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022.

Contoh susunan Upacara Renungan dan Ulang Janji ini dapat digunakan pada saat pelaksanaan ulang janji peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022.

Panita peringatan Ulang Janji dapat menyempurnakan susunan Upacara Renungan dan Ulang Janji peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022 ini sesuai kebutuhan dan kondisi yang diinginkan.

Puncak Peringatan Hari Pramuka Ke-61 adalah pada Minggu, 14 Agustus 2022. Upacara Ulang Janji menjadi bagian acara dari puncak peringatan Hari Pramuka ke-61 tersebut.

Renungan dan Ulang Janji merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus.

Acara Ulang Janji diisi dengan perenungan terhadap usaha dan karya yang telah dilakukan oleh setiap pramuka demi Kepramukaan dan Gerakan Pramuka serta mengulang pengucapan janji (Satya Pramuka).

Upacara Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka ini dapat diikuti oleh pramuka penegak, pramuka pandega, dan pramuka dewasa.

Baca : Tema dan Logo Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022

Upacara Renungan dan Ulang Janji dilaksanakan juga digelar seluruh tingkat, mulai dari tingkat Nasional, Daerah, Cabang, Ranting, hingga Gugusdepan.

Sebelum melaksanakan Upacara Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka ke 61 Tahun 2022, ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan tersebut antara lain Susunan Acara Renungan dan Ulang Janji, Naskah Pembawa Acara yang dilengkapi Tata Urutan Pelaksanaan Upacara, Renungan dan Ulang Janji, Naskah Ulang Janji, Doa, dan Teks Renungan.

Contoh susunan Upacara Renungan dan Ulang Janji Pramuka bisa dijadikan sebagai referensi panitia penyelenggara untuk gambaran pelaksanaan kegiatan tersebut.

Also Read:  Penggunaan Cermin Cembung Diterapkan Pada?

Susunan Upacara Renungan dan Ulang Janji ini terbagi dalam tiga bagian acara, yaitu Acara Pendahuluan, Acara Pokok (Inti), dan Acara Penutup.

Acara Pendahuluan

1. Peserta upacara berada di tempat upacara

2. Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara

3. Pembina Upacara menuju mimbar upacara

Acara Pokok

1. Saling memberi hormat sesama anggota Pramuka

2. Laporan Pemimpin Upacara

3. Penyalaan Api Dasa Darma Pramuka

4. Menyanyikan bersama Lagu Satya Dharma Pramuka

5. Bendera Merah Putih memasuki tempat Upacara

6. Renungan

7. Menyanyikan bersama lagu Indonesia Pusaka

9. Ulang Janji Pramuka, dipandu oleh Pembina Upacara

10. Pengucapan Tri Satya

11. Menyanyikan bersama lagu Bagimu Negeri

12. Bendera Merah Putih meninggalkan tempat Upacara

13. Pembacaan Doa

14. Menyanyikan bersama lagu Syukur

15. Pesan-pesan Pembina Upacara

16. Laporan Pemimpin Upacara

17. Saling memberi hormat sesama anggota Pramuka

Acara Penutup

1. Upacara selesai

2. Peserta upacara dapat dibubarkan

Baca : Contoh Susunan Upacara Hari Pramuka Indonesia ke-61 Tahun 2022

Naskah Ulang Janji, Teksn Renungan, Doa Renungan dan Ulang Janji, serta Panduan Pembaca Acara Renungan dan Ulang Janji Peringatan Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022 selengkapnya dapat di unduh  di sini.

Demikian contoh susunan Upacara Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Demikianlah artikel kali ini tentang Soal Jawaban. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget.

Related Articles