Soal Jawaban

Juknis Festival Literasi Siswa Indonesia FELSI SMA/MA/SMK 2022 – KEPO GADGET

Pedoman Juknis Festival Literasi Siswa Indonesia FeLSI SMA/MA/SMK 2022

Amongguru.com. Pedoman (Juknis) Festival Literasi Siswa Indonesia FeLSI SMA/MA/SMK Tahun 2022 telah diterbitkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek.

ADVERTISEMENT

Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bertugas melaksanakan penyiapan kebijakan teknis,
pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diantaranya diimplementasikan melalui pelaksanaan lomba, festival, dan kompetisi.

Salah satu kegiatan Puspresnas adalah Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) Jenjang
SMA/MA/SMK. FELSI Jenjang SMA/MA/SMK tahun 2022 akan dilaksanakan secara daring (online) karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pergantian nama kegiatan dari tahun sebelumnya yakni Lomba Jurnalistik Siswa Indonesia (LJSI) menjadi FeLSI diiringi dengan penambahan satu kategori, sehingga saat ini terdapat tiga kategori bidang lomba.

Lomba ini dilaksanakan dalam rangka membangun manusia Indonesia berkarakter yang
mengutamakan kejujuran, kebenaran, kemandirian, dan persaingan sehat.

Di dalam ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan FeLSI jenjang SMA/MA/SMK tahun 2022. Selain sebagai panduan penyelenggara
FeLSI di tingkat nasional, buku ini pun dapat menjadi pedoman bagi peserta didik untuk berpartisipasi sesuai dengan bidang lomba yang dipilih dan diikutinya.

FeLSI jenjang SMA/MA/SMK tahun 2022 akan menggelar tiga bidang lomba:
Jurnalistik, Fotografi, dan cipta Cerita Pendek (Cerpen).

Pemilihan atas ketiga bidang lomba tersebut didasari kepada pentingnya menguatkan pertumbuhan gagasan dan imajinasi siswa untuk menjadi karya kreatif yang bermanfaat.

Siswa diarahkan untuk memiliki daya kritis, meningkatnya rasa kepedulian dan rasa cinta tanah air. Melalui ketiga kategori lomba tersebut siswa bukan saja menawarkan gagasannya, pun belajar mencari solusi dari persoalan kemasyarakatan (problem solving).

Tujuan

Tujuan dari kompetisi ini adalah sebagai berikut.

1. Mewadahi peserta didik SMA/MA/SMK untuk terus berprestasi dari rumah.

2. Melatih peserta didik SMA/MA/SMK untuk mendalami dan mempraktikkan ilmu jurnalisme yang tetap memperhatikan kode etik penulisan, menulis secara akurat, dan melakukan verifikasi data sebelum menerbitkan berita.

Also Read:  Pengertian Tari Menurut Soedarsono Adalah?

3. Menguatkan daya literasi bagi peserta didik SMA/MA/SMK dalam menulis cerita pendek.

4. Memperoleh konten-konten positif tentang jurnalistik, fotografi dan cerita pendek dari peserta didik SMA/MA/SMK untuk selanjutnya mempersuasi peserta didik lainnya untuk terus berkarya secara positif.

5. Meningkatkan daya kreatif untuk melahirkan ide-ide cemerlang, karya yang bernas berkualitas, dan pencapaian prestasi setinggi-tingginya.

Hasil yang Diharapkan

Tujuan dari kompetisi ini adalah sebagai berikut.

Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) Jenjang SMA/MA/SMK diselenggarakan berdasarkan undang-undang, peraturan, dan butir-butir berikut.

1. Terwadahinya minat dan bakat peserta didik SMA/MA/SMK di bidang jurnalistik, fotografi dan cipta cerpen.

2. Terlatihnya peserta didik SMA/MA/SMK untuk mendalami dan mempraktikkan ilmu jurnalisme yang tetap memperhatikan kode etik penulisan, menulis secara akurat, dan melakukan verifikasi data sebelum menerbitkan berita.

3. Penguatan daya literasi bagi peserta didik SMA/MA/SMK dalam menulis cerita
pendek.

4. Diperolehnya konten-konten positif tentang jurnalistik, fotografi dan cerita pendek dari peserta didik SMA/MA/SMK untuk selanjutnya mempersuasi peserta didik lainnya untuk terus berkarya secara positif.

5. Peningkatan daya kreatif yang terukur melalui ide-ide cemerlang dan hasil karya
yang bernas berkualitas.

Sasaran

Siswa SMA/MA/SMK se-Indonesia yang memiliki minat dan bakat untuk mengembangkan kemampuan menulis cerpen, jurnalistik, dan fotografi. Karya dibuat secara individual dengan mengatasnamakan SMA/MA/SMK tempat siswa sekolah.

Persyaratan Umum Peserta

1. Siswa berkewarganegaraan Indonesia (WNI).

2. Siswa SMA/MA/SMK yang pada tahap final masih berstatus peserta didik di kelas X, XI dan/atau XII, negeri ataupun swasta (yang dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor), surat pengantar atau surat tugas dari sekolah dan surat izin orang tua.

3. Siswa yang telah menjadi pemenang 1,2,3 di ajang sebelumnya tidak boleh mengikuti bidang lomba yang sama.

Also Read:  Latar Belakang Berdirinya Budi Utomo Adalah. *? - Kepo Gadget

4. Peserta wajib mengunggah persyaratan administrasi sebagai berikut.

a. Identitas diri (pindaian Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku.

b. Surat tugas atau surat izin untuk mengikuti FeLSI dari Kepala Sekolah.

c. Surat izin orang tua.

d. Surat pernyataan orisinalitas bermaterai (contoh seperti di lampiran).

4. Seluruh dokumen persyaratan ini diunggah di laman: sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/felsi. Sebelum karya yang diunggah dinilai oleh dewan juri, panitia akan melakukan seleksi administrasi. Pastikan seluruh dokumen persyaratan yang diunggah dapat jelas terbaca. Bagi peserta yang tidak lolos seleksi berkas, maka akan dianggap gugur dan karyanya tidak akan masuk ke dashboard penilaian juri.

5. Sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu peserta.

6. Karya orisinal dan tidak sedang dilombakan, karya tidak sedang dalam sengketa, atau klaim dari pihak lain (harus dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan).

7. Panitia berhak mendiskualifikasi karya jika:

a. karya terbukti tidak orisinal atau menjiplak karya lain,

b. sedang dalam sengketa,

c. mendapatkan klaim dari pihak lain,

d. tidak memenuhi syarat-syarat administrasi.

8. Peserta hanya dapat mengikuti satu kategori lomba (cerpen, jurnalistik atau fotografi), dan hanya dapat mendaftarkan satu karyanya. Peserta yang telah mendaftar, masih dapat mengganti bidang lomba selama belum mengunggah karya. Karya yang telah diunggah tidak dapat diganti atau dihapus oleh peserta.

9. Keputusan Panitia dan juri FeLSI 2022 mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

10. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FeLSI dengan alamat sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/felsi.

11. Panitia berhak menggunakan karya yang diikutsertakan dalam lomba untuk keperluan publikasi Kemendikbudristek.

12. Lomba ini tidak dipungut biaya.

Tahap Seleksi

Tahap seleksi FeLSI dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap, yaitu Tahap Penyisihan dan
Tahap Final.

1. Tahap Penyisihan

Also Read:  Contoh Alur Tujuan Pembelajaran ATP Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA (Fase E) - KEPO GADGET

Pada tahap penyisihan, akan dilakukan seleksi administrasi. Siswa wajib mengunggah dengan benar dokumen administrasi yang menjadi persyaratan lomba, yaitu Surat Tugas dari Kepala Sekolah, Kartu Identitas, Surat Pernyataan Originalitas bermaterai, dan Surat Izin
Orang Tua.

Bagi peserta yang tidak mengunggah dokumen administrasi secara lengkap dan benar maka dianggap tidak lolos seleksi administrasi dan karyanya tidak akan dinilai oleh juri.

Selanjutnya juri akan memilih masing-masing bidang kurang lebih 25 karya terbaik yang akan mengikuti seleksi tahap final.

2. Tahap Final

Sebelum seleksi tahap final, siswa dengan karya terbaik yang telah lolos seleksi tahap penyisihan akan diberikan pelatihan secara daring sesuai bidangnya masing-masing.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada siswa sebelum siswa membuat karya baru yang kemudian akan diunggah sebagai karya yang dilombakan pada tahap
final.

Karya baru tersebut akan diunggah siswa di dashboard finalis pada laman

Penilaian yang diberikan juri pada saat final meliputi penilaian karya dan penilaian melalui wawancara dengan para finalis secara daring melalui aplikasi Zoom.

Jadwal Kegiatan

1. Sosialisasi FeLSI 2022 : Juni – Juli 2022.

2. Seleksi Administrasi : 1 – 10 September 2022.

3. Seleksi Babak Penyisihan : 26 – 29 September 2022.

4. Pengumuman Finalis : 27 September 2022.

5. Coaching Clinic : 28 September 2022.

6. Unggah Karya Final : 1 – 20 Oktober 2022.

7. Pelaksanaan FeLSI : 24 – 29 Oktober 2022

Pedoman (Juknis) Festival Literasi Siswa Indonesia FeLSI SMA/MA/SMK Tahun 2022 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Pedoman (Juknis) Festival Literasi Siswa Indonesia FeLSI SMA/MA/SMK Tahun 20222

Demikianlah artikel kali ini tentang Soal Jawaban. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget.

Related Articles