ASURANSI

Beragam Jenis Asuransi Jiwa Yang Simple Dipahami

Beragam Jenis Asuransi Jiwa Yang Simple Dipahami – Asuransi jiwa merupakan salah satu bentuk usaha asuransi yang memberikan jasa dalam penanggulangan risiko yang berkaitan erat dengan jiwa seseorang. Asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya seseorang dalam jangka waktu tertentu. Manfaat perlindungan jiwa ini adalah sebagai jaminan kepastian terhadap tertanggung dan keluarga dalam menghadapi berbagai resiko kehidupan seperti sakit kritis, cacat, dan meninggal.

Berikut adalah jenis Asuransi sebagai berikut:

1. Asuransi jiwa berjangka (term life)

Pemahaman asuransi jiwa berjangka yaitu pelindungan jiwa dalam periode waktu tertentu misalkan 5, 10 atau bahkan juga 20 tahun sama sesuai persetujuan di antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. Umumnya premi asuransi tipe ini dibayar di muka dan dilaksanakan tiap tahun sepanjang periode waktu itu.

Tetapi jika polis tidak aktif (lapse), manfaat akan berhenti dan nilai premi akan hangus. Contoh asuransi jiwa term life yang kerap ditemui ialah asuransi jiwa credit (credit life insurance), yang memberi pelindungan asuransi jiwa sepanjang periode waktu credit. Jika tertanggung mengalami resiko wafat, pihak asuransi akan membayar sisa utang ke debitur . Maka tidak memperberat pihak lain.

2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)

Sama sesuai namanya, pemahaman asuransi jiwa whole life memberi manfaat pelindungan seumur hidup. Umumnya manfaat pelindungan sampai tertanggung berusia 99-100 tahun. Berbeda dengan asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup memberi nilai tunai yang dapat berperan sebagai tabungan dan memberi manfaat pelindungan dengan biaya premi tetap hingga tidak meningkat sejalan dengan pertambahan usia tertanggung.

Jika polis tak lagi aktif sampai tertanggung wafat, pemegang polis masih memperoleh nilai tunai yang dijanjikannya dikurangi dengan beberapa biaya penutupan polis dan pembayaran premi yang tertunggak pada produk asuransi jiwa seumur hidup.

5 Asuransi Mobil Terbaik Di Indonesia Tahun 2022!

3. Asuransi jiwa dwiguna (endowment)

Peranan asuransi jiwa dwiguna yaitu memberi manfaat double baik perlindungan dan ada unsur tabungan. Produk asuransi tipe ini umumnya kamu jumpai pada asuransi pendidikan. Apa manfaat asuransi jiwa dwiguna? Tentu saja pelindungan asuransi yang jelas selama tertanggung masih hidup sampai tanggal jatuh tempo atau wafat saat sebelum tanggal jatuh tempo. Perbedaannya dengan asuransi jiwa seumur hidup, polis asuransi jiwa dwiguna dapat membuat nilai tunai bisa lebih cepat. Penyebabnya, pada asuransi dwiguna nilai tunai umumnya akan sama dengan uang pertanggungan pada jatuh tempo polis hingga tak perlu menanti sampai capai umur 99-100 tahun.

4. Asuransi jiwa unit link

Fungsi asuransi jiwa unit link hampir serupa dengan asuransi jiwa seumur hidup. Perbedaannya, jika asuransi jiwa seumur hidup, pemegang polis cuman akan memperoleh pengembalian uang pertanggungan dan kenaikan pertanggungan. Sementara pada asuransi jiwa unit link, pemegang polis akan memperoleh tambahan berbentuk hasil investasi. Menyaksikan manfaat asuransi jiwa ini, tentu saja memberi manfaat double yaitu sebagai perlindungan jiwa dan tentu saja mendukung investasi atau rencana keuangan.

Demikianlah artikel kali ini tentang Beragam Jenis Asuransi Jiwa Yang Simple Dipahami. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget!

Related Articles

Back to top button