ASURANSI

Beberapa Tips Simple Memilih Asuransi Kesehatan

Beberapa Tips Simple Memilih Asuransi Kesehatan – Asuransi kesehatan merupakan bentuk asuransi yang memberikan tanggungan atau jaminan yang berkaitan dengan biaya berobat, kepentingan, atau berbagai aktivitas medis sekaligus berbagai bentuk perawatan untuk menunjang kesehatan lainnya. Perusahaan asuransi akan menanggung kerugian atau biaya yang telah dikeluarkan oleh peserta setiap kali menjalani perawatan.

Ada banyak perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia yang menawarkan beragam jenis perlindungan. Termasuk, biaya rawat inap di rumah sakit hingga biaya rawat jalan. Jika kamu tertarik membeli salah satu produk asuransi kesehatan, maka penting untuk membedah berbagai penawaran yang diberikan dari masing-masing perusahaan asuransi kesehatan ini.

Berikut adalah tips simple untuk memilih Asuransi Kesehatan:

1. Lihat Manfaat yang Ditawarkan

Pada umumnya, asuransi kesehatan tawarkan service dokter, obat, rawat inap, sampai tindakan operasi jika dibutuhkan. Maka jika setiap saat kamu atau bagian keluarga jatuh sakit, karena itu asuransi berikut yang hendak memikul semua ongkos. Tentu saja, sesuai persetujuan di antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi.

Manfaat yang ditawari oleh tiap perusahaan asuransi dapat berbeda-beda. Disini calon peserta harus cermat dan cermat untuk memerhatikan detil kontrak asuransi kesehatan yang hendak dibeli. Tipe perawatan atau program yang dijajakan dapat berbagai macam.

2. Satu Polis Dapat Menanggung Satu Keluarga


Saat menentukan asuransi kesehatan untuk keluarga, tentu saja kamu ingin mendapatkan manfaat yang maksimal. Karena itu, kamu dapat pilih produk asuransi yang dapat membuat perlindungan semua bagian keluarga cukup dengan satu polis asuransi.

Karena ada satu polis untuk sekeluarga, karena itu biaya atau premi yang dibayar semakin lebih murah daripada satu polis untuk tiap bagian keluarga. Satu polis untuk sekeluarga membuat ongkos administrasi jadi lebih murah.

3.Pengecualian dalam Asuransi Kesehatan

Ada saatnya, claim asuransi kesehatan kita ditolak. Tentu saja, perusahaan asuransi tidak asal-asalan menolak claim pemegang polis. Ingat, semua pointnya telah tertuang secara jelas pada loyalitas kontrak di antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi.

Tiap perusahaan asuransi ini mempunyai pengecualian yang berbeda bergantung peraturan perusahaan. Tetapi pada umumnya, asuransi kesehatan tidak menanggung claim yang ada karena kekeliruan pemegang polis. Misalkan, penyakit yang muncul karena pemegang polis lakukan tindak kejahatan. Pengecualian lain umumnya dijalankan untuk beberapa penyakit yang ada karena penyalahgunaan obat terlarang.

Pengertian Tentang Asuransi Menurut Para Ahli

Untuk penyakit yang telah diderita oleh pemegang polis saat sebelum jadi peserta, karena itu tiap perusahaan asuransi punyai ketentuan masing-masing. Tetapi tentu saja, ini berpengaruh pada premi yang tambah mahal. Karena itu, saat sebelum tanda tangan kontrak produk asuransi, calon pemegang polis harus jalani medical chek up lebih dahulu untuk ketahui sejarah kesehatannya.

Harus dipahami , asuransi kesehatan standard umumnya tidak menanggung penyakit berat atau krisis. Penanggungan penyakit krisis umumnya difasilitasI oleh produk asuransi tambahan atau rider. Penyakit krisis di tempat ini ada penjelasannya tertentu. Kanker fase awalnya, bukan lah penyakit krisis. Asuransi penyakit krisis atau rider, akan memikul ongkos perawatan untuk kanker fase 4.

4. Pre-existing Condition

Pre-existing condition meneruskan ulasan pada point awalnya, yaitu sejarah penyakit yang telah ada saat sebelum mempunyai asuransi kesehatan. Keadaan ini masih diterima oleh perusahaan asuransi, tentu saja dengan beberapa penilaian.

Allianz, salah satunya perusahaan asuransi yang sediakan produk asuransi kesehatan, menulis di dalam website resminya jika status pre-existing condition bisa dihilangkan oleh perusahaan asuransi jika pemegang polis sudah jadi peserta dalam periode waktu tertentu.

Dan tidak ada laporan claim atau perawatan untuk penyakit yang masuk ke pre-existing condition sang pemegang polis. Bila dalam masa tertentu semua persyaratan itu tercukupi, karena itu status pre-existing condition bisa ditarik oleh perusahaan asuransi.

5. Ada Limit atas Batasan Claim

Tiap produk asuransi kesehatan mempunyai limit claim. Limit ini sebagai batas manfaat yang dapat diterima oleh pemegang polis asuransi kesehatan. Simpelnya, jika bill rumah sakit masih di bawah atau sama dengan limit, karena itu pasien dapat pulang tanpa ongkos tambahan. Tetapi jika bill RS semakin besar dari limit, karena itu selisihnya perlu dibayar sendiri oleh pemegang polis.

Manfaat Asuransi Jiwa Yang Simple Dipahami

Limit ini juga ada beberapa macam macamnya:

  • Inner limit, berdasar ongkos per poin . Maka batas ongkos yang dijamin dihitung per poin pengeluaran. Misalkan, limit biaya kamar, limit ICU, limit lawatan dokter, limit diskusi dokter specialist, atau limit ongkos obat.
  • Limit tahunan, batas yang ditetapkan sama sesuai masa tahunan . Maka batas pertanggungan bukan per poin, tetapi /tahun. Misalkan, dalam satu tahun, ada limit ongkos pertanggungan Rp 250 juta. Jika bill-nya lebih dari itu, karena itu pasien perlu membayarnya.
  • Limit kamar, ditetapkan baik oleh biaya kamar atau kelas kamar. Ada perusahaan asuransi yang tentukan limit berdasar biaya, tetapi ada pula yang sama sesuai kelas.

6. Keutamaan Sistem Claim Cashless

Cashless atau nontunai di sini terkait dengan claim pembayaran. Dengan sistem nontunai, karena itu pemegang polis tidak perlu bayar pada pihak rumah sakit, namun cukup menggeser kartu asuransi. Berarti, peserta tidak perlu bayar di muka, baru selanjutnya di-reimburse ke pihak asuransi.

7. Pastikan Ada Rumah Sakit Relasi Asuransi di Kotamu

Saat menentukan produk asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga, karena itu kamu perlu memerhatikan rumah sakit sebagai relasinya. Pastikan produk asuransi yang diputuskan mempunyai relasi rumah sakit yang bermacam. Jika dapat, ada rumah sakit dekat rumahmu sebagai relasi produk asuransi yang diputuskan. Ini untuk mengantisipasi jika ada keadaan genting yang menerpa bagian keluarga di rumah.

Demikianlah artikel kali ini tentang Beberapa Tips Simple Memilih Asuransi Kesehatan. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget!

Related Articles

Back to top button