GADGET

7 Perbedaan Simple Android & iOS Yang Harus Diketahui

7 Perbedaan Simple Android & iOS Yang Harus Diketahui – Saat Anda ingin membeli salah satu smartphone terbaik, memilih Android vs iOS bisa menjadi pilihan yang sulit. Sebelum tahun 2014, pasar gadget sangat berbeda dari sekarang. Terdapat banyak sekali gadget dengan jenis sistem operasi yang berbeda-beda. Sebagai contoh ada Blackberry, Symbian, Windows Mobile, MeeGo, dan WebOS. Memiliki banyak perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing, Android vs iOS menawarkan banyak fitur menarik yang pada dasarnya tampak sama (terlepas dari brand dan harganya). Penasaran? Simak dibawah sebagai berikut ya!

1. Modifikasi Tampilan

iPhone merupakan produk yang eksklusif dimana pengguna tidak dapat mengubah tampilan home screen mulai dari logo, tema, hingga transisi di setiap slipnya.

Pengguna iPhone hanya dapat mengganti wallpaper layarnya saja. Sementara itu, pengguna Android dapat mengubah apapun sesuai dengan keinginan yang diinginkan.

2.Ketersediaan Suku Cadang

Suku cadang iPhone umumnya dijual dengan sangat mahal, sehingga sulit didapatkan. Sementara suku cadang Android bisa dibeli di mana saja dengan harga yang terjangkau.

3. Keamanan dan privasi

Apple mengumpulkan data dari semua orang yang menggunakan iOS dan melakukan pekerjaan dengan baik agar tetap anonim dan internal. Google melakukan hal yang sama, terlepas dari apa pun yang Anda baca dari tempat lain. Tetapi Android memiliki beberapa masalah serius dalam hal keamanan dan privasi. Tidak sedikit model Android (termasuk yang terjual puluhan juta dan mendorong pangsa pasar Android) tidak terlindungi dengan sempurna.

Google yang menjaga datamu dengan baik tidak berpengaruh besar ketika peretas mendapatkan login bank-mu karena kamu telah ditipu untuk menginstal sesuatu yang dimungkinkan oleh software lama Android. Google memahami keamanan dan privasi internet, tetapi beberapa dari pengetahuan itu tampaknya hilang ketika sudah sampai pada Android.

Tips Simple Melihat Password Yang Sudah Tersimpan Di Komputer

4. Performa Mulus dan Kencang

Chipset Apple Bionic yang digunakan iPhone punya kinerja yang sangat kencang. Performanya tidak kalah dari chipset paling kencang yang digunakan Android. Misalnya, chipset Apple A15 Bionic di iPhone 13 Pro Max punya performa setara dengan Snapdragon 888 di hp gaming paling kencang Android yaitu Red Magic 6.

Selain didukung chipset kencang, iPhone juga punya sistem operasi iOS yang super mulus. Kombinasi chipset, RAM, hardware, dan iOS menjamin kinerjanya mulus. Kelebihan Performa iPhone sudah terbukti dan bisa dipakai bertahun-tahun tetap stabil.

5. Desain dan Spesifikasi Kurang Inovatif

Semenjak iPhone 11, desain dan spesifikasi iPhone cenderung stagnan. Bisa dilihat dari spesifikasi yang dimiliki iPhone 13, atau 2 seri terbaru di atas iPhone 11. Perbedaan yang mencolok dari iPhone 13 dibanding 11 hanya di bagian chipset dan ukuran poni. Sementara itu resolusi kamera, kapasitas baterai, luas layar, dan resolusinya tidak berbeda jauh.

Desain poni kecil di iPhone 13 sudah ditinggalkan hp Android sejak tahun 2018. Di sini terlihat desain muka depan iPhone keluaran 2021 sudah ketinggalan jauh dari hp Android. Tampilan belakangnya juga tidak mengalami banyak perubahan sejak iPhone 11.

Jenis port USB yang digunakan iPhone juga masih USB Lightning. Padahal iPad keluaran 2021 sudah menggunakan USB Type C. Di sisi lain, kebanyakan hp Android mulai dari harga 1 jutaan sampai belasan juta banyak yang sudah menggunakan USB Type C. Inilah yang jadi kekurangan iPhone paling besar.

6. Input Output data

iPhone dinilai lebih sulit penggunaannya dibandingkan dengan Android, dimana output dan input data iPhone mempunyai cara khusus.

Untuk mentransfer dan menerima data, pengguna iPhone harus menggunakan aplikasi iTunes atau harus memiliki aplikasi serupa untuk memindah data, hal tersebut meminimalisir resiko penyebaran virus pada HP.

Tips Simple Cara Merekam Layar Laptop Terbaru 2022

7. Kapasitas Penyimpanan

Apple Inc. sejak awal telah menentukan kapasitas penyimpanan internal untuk iPhone. Kini iPhone menyediakan penyimpanan internal dengan kapasitas 256GB, yang tidak bisa ditambahkan secara manual.

Lain halnya dengan smartphone Android yang sebenarnya telah dilengkapi kapasitas penyimpanan internal yang lumayan besar juga. Namun, Android mengizinkan penggunanya untuk menambahkan penyimpanannya kartu memori tambahan.

Demikianlah artikel kali ini tentang 7 Perbedaan Simple Android & iOS Yang Harus Diketahui. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget!

Related Articles

Back to top button