Soal Jawaban

pendeknya masa kekuasaan kabinet pada masa demokrasi liberal disebabkan karena – Kepo Gadget

pendeknya masa kekuasaan kabinet pada masa demokrasi liberal disebabkan karena?

Jawaban

ADVERTISEMENT

Demokrasi Liberal berlangsung di Indonesia dari tahun 1949 sampai 1959 dipimpin oleh Presiden Soekarno. Pada masa 9 tahun tersebut, Indonesia telah berganti kabinet sebanyak 7 kali, yaitu: Kabinet Natsir, Kabinet Sukiman, Kabinet Wilopo, Kabinet Ali Sastromijoyo I, Kabinet Burhanudin Harahap, Kabinet Ali Sastromijoyo II, dan Kabinet Djuanda. Pada masa demokrasi liberal terjadi peristiwa yang penting, yaitu pemilu 1955. Sewaktu Demokrasi Liberal berlangsung, muncul sistem multipartai yang didasari maklumat pemerintah pada 3 November 1945. Berlakunya sistem multipartai ini mendorong kemunculan banyak partai-partai politik Indonesia, hingga lebih dari 28 partai. Sayangnya, partai-partai pada masa Demokrasi Liberal lebih cenderung untuk mementingkan kepentingan partainya dari pada kepentingan bangsa. Ini menyebabkan seringnya kabinet berganti karena masing-masing saling berebut kepentingan.

Dengan demikian, pendeknya masa kekuasaan kabinet masa Demokrasi Liberal karena adanya sistem multi partai, semakin banyak partai yang muncul semakin banyak pula kepentingan yang muncul.

Originally posted 2022-03-12 07:57:45.

Demikianlah artikel kali ini tentang Soal Jawaban. Terimakasih telah mengunjungi website kami, jika berkenan mohon bagikan link agar orang lain dapat merasakan manfaatnya ya sahabat Kepo Gadget.

Also Read:  Pernyataan Yang Tepat Tentang Tahapan Dau Hidup Hewan Tersebut Adalah? - Kepo Gadget

Related Articles